Friday, November 27, 2020

Duh! Ini 7 Kiat Sukses Calon Pemimpin Ala Gubernur BI

Duh! Ini 7 Kiat Sukses Calon Pemimpin Ala Gubernur BI

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo berbagi tujuh kiat sukses calon pemimpin masa depan kepada 5.300 generasi milenial.

Tujuh tips pemimpin masa depan yang profesional, inovatif, dan kompeten versi Perry antara lain menjalani tugas dengan penuh cinta dan passion.

Kedua, cinta ilmu, jangan pernah berhenti memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan.

Ketiga, berpikir strategis dalam membangun dan mewujudkan mimpi.

Keempat, ing change, menjadi pemimpin terdepan dalam menjalani transformasi sejalan dengan visi misi.

"Kelima, gaining commitment, berkomunikasi dalam meyakinkan orang lain untuk mewujudkan cita-cita. Kelima hal tersebut harus dilandasi dengan cinta kepada Tuhan dan cinta keluarga," ujar Perry melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

Perry pun juga berpesan tiga hal kepada 5.300 milenial yang mengikuti kegiatan Leadership Camp Komunitas Penerima Beasiswa BI (GenBI) 2020.

“Jangan pernah berhenti berusaha, bermimpi, dan berdoa," kata dia.

Leadership Camp merupakan wujud nyata dukungan BI terhadap pengembangan potensi para penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Leadership Camp bertujuan untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan inovatif terutama dalam menghadapi era digital.

Selain Leadership Camp, BI juga menyelenggarakan sejumlah program pengembangan kompetensi dan kepemimpinan para penerima beasiswa BI sepanjang tahun 2020, antara lain GenBI Classroom, GenBI Virtual Workshop dengan topik content creator dan public speaking, serta berbagai kegiatan bertema Initiate-Act-Share–Inspire oleh anggota GenBI dari berbagai wilayah Indonesia.

Seluruh kegiatan dalam Leadership Camp juga dapat diikuti melalui menu platform Jelajah virtual “Energi untuk Negeri” yang dapat diakses pada www.generasibaruindonesia.com.

"Ke depan, Bank Indonesia akan senantiasa mendukung pengembangan potensi GenBI melalui peningkatan nilai intelektualitas dan peran sosial yang terencana dan terarah melalui kegiatan pengembangan kepemimpinan dan pembekalan," ujar Perry.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Contoh Penerapan Algoritma Enkripsi AES di Pemrograman PHP

Thursday, November 26, 2020

Oops, Erick Thohir Usul Candi Borobudur Tidak Jadi Destinasi Pariwisata Massal, Apa Alasannya?

Oops, Erick Thohir Usul Candi Borobudur Tidak Jadi Destinasi Pariwisata Massal, Apa Alasannya?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusulkan kawasan Candi Borobudur tak dijadikan destinasi pariwisata massal. Dia tak ingin destinasi tersebut terlalu banyak didatangi oleh pengunjung. Hal tersebut dikatakan Erick saat mengikuti rapat koordinasi nasional percepatan pembangunan lima destinasi pariwisata super prioritas, Jumat (27/11/2020). “Candi Borobudur tentu ini kita fokuskan untuk heritage parawisata. Tapi memang yang harus diperbaiki dari Candi Borobudur ini, karena memang tentu dengan kapasitas yang terlalu terbuka, akhirnya kerusakan daripada candinya jadi lebih masif,” ujar Erick.

Mantan bos Inter Milan itu menambahkan, Candi Borobudur merupakan warisan dari sejarah. Jika kawasan tersebut rusak, maka tak dapat digantikan lagi. “Waktu itu Pak Gubernur NTT pernah menjadi kontroversi ketika membekali isu Komodo Island. Tapi saya rasa itu keputusan yang tepat, karena kalau kita mau mass, saya rasa Borobudur jangan dijadikan mass, tapi yang agak middle,” kata dia.

Pendiri Mahaka Group itu pun mengusulkan, agar dibangun destinasi pariwisata pendukung di kawasan Candi Borobudur yang dapat dinikmati masyarakat luas.

“Tapi yang mass-nya kita bangun juga di sekitar borobudur. Karena kita lihat ini sesuatu yang enggak replaceable, kalau sesuatu yang dapat replaceable its okay,” ungkapnya. Erick menuturkan, dia ingin orang yang datang ke kawasan pariwisata di Indonesia merupakan turis yang berkualitas. Sehingga, hal tersebut dapat berdampak ke masyarakat sekitar. “Kita juga harus berhitung, kita target ke depan sendiri dari Pak Menperkraf kita tidak ingin banyak turis, tapi turis yang berkualitas sehingga impactful-nya ada untuk masyarakat kita,” ucap dia.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Kenapa Wallpaper Ponsel Gelap Sangat Direkomendasikan?? Bisa Menghemat Baterai!

Kenali Berbagai Macam Tipe Data yang Ada di Bahasa Pemrograman

Wednesday, November 25, 2020

Update, JNE Beri Promo Bebas Ongkir, Ini Caranya

Update, JNE Beri Promo Bebas Ongkir, Ini Caranya

JNE kembali menyelenggarakan Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim yang tiap tahun dirayakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun JNE Ke-30 tahun. Program Harbokir ini akan digelar selama 2 hari, yaitu pada tanggal 26 - 27 November 2020. Pada penyelenggaraannya yang ke-5 kali ini, Harbokir berlaku untuk semua pelanggan di seluruh Indonesia dengan pengiriman maksimum 2 kilogram per resi. Program free ongkir ini dapat digunakan pada kiriman dengan layanan, Reguler, dan OKE dengan tujuan pengiriman dalam kota yang sama, serta antar kota dalam 1 provinsi.

“JNE bersyukur sampai di usia 30 tahun, masih dapat berbagi kebahagiaan kepada pelanggan setia. Sejak diadakan pertama kali dalam perayaan HUT JNE Ke-26 tahun 2016 lalu, Harbokir langsung memperoleh antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Terlebih di masa pandemi kali ini, Harbokir kembali dihadirkan dengan harapan JNE dapat membantu para UKM untuk tetap bangkit serta dapat meningkatkan penjualan para UKM," ujar VP of Marketing JNE Eri Palgunadi mengutip siaran persnya, Kamis (26/11/2020). Eri menyebutkan, sesuai di tahun 2019, pada Harbokir 2020 akan kembali diberikan kuota khusus kepada pelanggan setia JNE yang telah bergabung menjadi member JLC (JNE Loyalty Card). Para member akan memperoleh quota gratis ongkir maksimum 30 resi per hari.

Sementara untuk pelanggan umum atau non-member JLC, jumlah maksimum yang didapatkan adalah 10 resi per harinya.

Untuk menjamin keamanan, dari tahun lalu sudah diberlakukan penggunaan OTP (One Time Password) dalam setiap transaksi khusus HARBOKIR. Caranya mudah, pelanggan cukup datang langsung ke titik layanan JNE dengan membekali paket yang akan dikirimkan, lalu menginformasikan nomor ponselnya kepada petugas sales counter. Setelah itu, pelanggan akan langsung menerima kode khusus melalui sms untuk diberikan kembali kepada petugas JNE sebagai tanda bahwa paket atau resi miliknya memperoleh bebas ongkir. Harbokir pun juga dapat dinikmati oleh masyarakat yang berbelanja di online marketplace Bukalapak dan Elevania. Selain itu, pengguna dompet digital Gopay pun juga dapat memperoleh cashback sebesar Rp 10.000 dengan minimal transaksi kiriman Rp 100.000, promo ini juga berlaku pada 26 - 27 November 2020.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Waspada Keyloger Ada di Sekitar Anda, Jangan Sembarangan Menginput Password

Contoh Penerapan Algoritma Enkripsi AES di Pemrograman PHP

Tidak Disangka, BRI Syariah Mulai Salurkan Pembiayaan Lewat Aplikasi

Tidak Disangka, BRI Syariah Mulai Salurkan Pembiayaan Lewat Aplikasi

Bank BRI Syariah mulai menjalani penyaluran pembiayaan melalui aplikasi bernama Salam Digital.

Inovasi penyaluran pembiayaan ini dilakukan berbarengan dengan ulang tahun BRI Syariah yang ke-12, pada 17 November 2020 lalu.

Aplikasi Salam Digital diharapkan memudahkan nasabah dalam mengajukan pembiayaan dari rumah atau dari tempat usaha.

Aplikasi ini mempermudah akses permohonan nasabah secara cepat sesuai prinsip syariah.

“Salam Digital ini sesuai solusi di tengah pandemi. Nasabah yang khawatir ke luar rumah karena pandemi atau merasa terbatas untuk mengunjungi kantor kami, dapat tetap mengajukan permohonan pembiayaan melalui aplikasi ini,” kata Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah, Fidri Arnaldy melalui siaran pers, Rabu (25/11/2020).

Salam Digital merupakan lanjutan dari pengembangan inovasi digital untuk pembiayaan yang dilakukan BRI Syariah, setelah i-Kurma yang diperkenalkan pada tahun 2019.

Aplikasi salam digital menawarkan pembiayaan konsumer dan mikro. Untuk memperolah pembiayaan, nasabah dapat mengakses melalui website, atau melalui aplikasi BRIS Online.

Selanjutnya, calon nasabah hanya perlu memasukkan data diri sesuai kartu identitas yang berlaku.

“Lewat aplikasi yang sederhana dan mudah dimengerti nasabah, kami yakin Salam Digital dapat menjadi pendorong pertumbuhan pembiayaan,” jelas Fidri.

Untuk mempercepat waktu pencairan pembiayaan, BRI Syariah juga menghubungkan aplikasi salam dDigital dengan i-Kurma.

“Jadi setelah nasabah mengisi data, nanti ada petugas pemasaran pembiayaan yang akan menjalani survey. Setelah survey, tenaga pemasar langsung memproses lewat i-Kurma,” ujar Fidri.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Kenapa Wallpaper Ponsel Gelap Sangat Direkomendasikan?? Bisa Menghemat Baterai!

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman

Tuesday, November 24, 2020

Oops, Harga Bitcoin Diprediksi akan Sentuh Rp 1,4 Miliar

Oops, Harga Bitcoin Diprediksi akan Sentuh Rp 1,4 Miliar

Investor Bitcoin bertaruh bahwa mata uang virtual dapat lebih dari lima kali lipat hingga hingga 100.000 dollar AS atau setara Rp 1,4 miliar  dalam setahun.

Ini adalah taruhan yang menarik perhatian dari para skeptis yang percaya bahwa cryptocurrency yang mudah menguap adalah aset spekulatif dan bukan penyimpan nilai sesuai emas.

Sejak Januari, bitcoin telah naik 160 persen, didukung oleh permintaan institusional yang kuat serta kelangkaan karena perusahaan pembayaran sesuai Square dan Paypal membelinya atas nama pelanggan.

Bitcoin sedang melihat puncaknya sepanjang masa di bawah 20.000 dollar AS yang dicapai pada bulan Desember 2017. Ini memulai debutnya pada tahun 2011 di nol dan terakhir diperdagangkan pada 18.415 dollar AS.

Meningkat dari 18.000 dollar AS menjadi 100.000 dollar AS dalam satu tahun bukanlah hal yang sulit, kata Brian Estes, kepala investasi di hedge fund Off the Chain Capital.

“Saya telah melihat bitcoin naik 10X, 20X, 30X dalam setahun. Jadi, naik 5X bukanlah masalah besar,” terangnya.

Estes memperkirakan bitcoin dapat hingga antara 100.000 dollar AS-288.000 dollar AS pada akhir 2021, berdasarkan model yang menggunakan rasio stok-ke-aliran yang mengukur kelangkaan komoditas sesuai emas. Model itu, katanya, memiliki korelasi 94 persen dengan harga bitcoin.

Analis teknis Citi, Tom Fitzpatrick mengatakan dalam sebuah catatan minggu lalu bahwa bitcoin dapat naik hingga 318.000 dollar AS pada akhir tahun depan, mengutip pasokan yang terbatas, kemudahan pergerakan lintas batas, dan keowneran yang tidak jelas.

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bitcoin diprediksi dapat meroket menembus US$ 100.000 pada tahun 2021

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Cara Reset Canon IP 2770 Paling Mudah

Mengenal Pengertian dan Istilah Syntax Dalam Pemrograman

Monday, November 23, 2020

Paling Baru, Deretan 7 Mal Terbesar di Indonesia, Siapa Juaranya?

Paling Baru, Deretan 7 Mal Terbesar di Indonesia, Siapa Juaranya?

Bisnis pusat perbelanjaan atau mal seolah tak pernah mati. Meski banyak mal-mal lama bertumbangan karena tak lagi dapat bersaing, sebaliknya banyak pula mal baru yang dibangun di sejumlah kota di Indonesia.

Sejumlah mal mencoba menampilkan ciri khas berbeda agar menarik pengunjung. Beberapa mal juga seringkali diidentikan sesuai dengan mayoritas kelas ekonomi masyarakat yang jadi pengunjung setianya sesuai mal kelas menengah, mal kelas atas, dan mal semua kalangan.

Nah berikut ini deretan 7 mal terbesar di Indonesia didasarkan pada total luas lantai yang disewakan atau nett leasable area (NLA):

1. Mal Pakuwon Surabaya

Jika menggunakan indikator luas NLA keseluruhan, Mal Pakuwon Surabaya adalah juaranya. Mal Pakuwon menjadi mal terbesar di Tanah Air karena memiliki lantai paling luas yakni 180.000 meter persegi.

Mal yang berada di ibu kota Jawa Timur ini mulai dibuka pada tahun 2017. Sesuai dengan namanya, pengembang sekaligus owner dari mal ini adalah Grup Pakuwon, perusahaan pengembang properti papan atas nasional.

2. Tunjungan Plaza Surabaya

Tunjungan Plaza di Surabaya menempati posisi kedua sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Mal ini tercatat memiliki luas NLA sebesar 170.000 meter persegi atau hanya berselisih 10.000 meter persegi dengan Mal Pakuwon.

Saling luasnya, mal ini terbagi dalam 6 pusat belanja yang meliputi Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Plaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI. Yang unik, owner Tunjungan Plaza masih dimiliki Grup Pakuwon yang juga membangun Mal Pakuwon di Surabaya.

Masih di Surabaya, Pakuwon Group juga memiliki pusat belanja besar lainnya antara lain Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, Pakuwon Town Square, Food Festival, dan Food Junction.

3. Summarecon Kelapa Gading Jakarta

Summarecon Kelapa Gading Jakarta adalah mal yang dimiliki pengembang PT Summarecon Agung Tbk yang propertinya banyak tersebar di kawasan Jabodetabek. Luas lahan yang disewakan di mal ini hingga 150.000 meter persegi.

Berada di pusat bisnis Kelapa Gading, mal ini saling terhubung dengan MKG, Gading Food City, La Piazza, dan kawasan komersial lain di sekitarnya.

4. Grand Indonesia

Grand Indonesia seringkali disebut-sebut sebagai mal elit dengan pengunjung kelas menengah atas. Lokasinya berada di jantung Kota Jakarta yakni Jalan Thamrin-Sudirman yang juga jadi pusat perkantoran tersibuk di Indonesia.

Grand Indonesia memiliki luas NLA sekitar 140.000 meter persegi. Mal ini dimiliki oleh Grup Djarum dan terintegrasi dengan Menara BCA dan Hotel Indonesia Kempinski. Grand Indonesia juga terbagi dalam dua kawasan yakni East Mall dan West Mall yang dihubungkan dengan skybridge.

5. Mal Taman Anggrek

Mal Taman Anggrek adalah pusat perbelanjaan ketiga terbesar di Ibu Kota Jakarta yang menempati posisi kelima sebagai mal terbesar di Indonesia. Luas mal milik Agung Podomoro Group hingga 130.000 meter persegi.

Mal Taman Anggrek sudah cukup lama beroperasi yakni sejak tahun 1996 dan pernah menyandang status sebagai mal terbesar di Asia Tenggara. Namun seiring munculnya mal-mal besar baru, posisinya kini terus melorot.

6. Central Park

Mal Central Park lokasinya bersebelahan dengan Mal Taman Anggrek. Mal terbesar ketiga di Jakarta ini masih dimiliki Agung Podomoro Group dan berada dalam kawasan luas terintegrasi yang terus dikembangkan raksasa properti tersebut.

Central Park tercatat memiliki NLA yang tak jauh berbeda dengan tetangganya Mal Taman Anggrek. Mal ini terinspirasi dari taman kota di New York, Central Park, yang mengusung konsep kawasan hijau.

7. Hartono Mall Yogyakarta

Hartono Mall Yogyakarta menempati posisi ketujuh sebagai mal terbesar di Indonesia. Sesuai namanya, pusat belanja ini dimiliki Delta Marlin Group yang usahanya banyak berfokus di kawasan Solo dan Yogyakarta.

Luas NLA mal ini sekitar 80.000 meter persegi. Namun jika menghitung luas gross floor area, luas mal ini sangatlah besar yakni hingga 220.000 meter persegi.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Contoh Penerapan Algoritma Enkripsi AES di Pemrograman PHP

Sunday, November 22, 2020

Parah! Menhub: Pandemi Membuat Perusahaan Digital Meroket

Parah! Menhub: Pandemi Membuat Perusahaan Digital Meroket

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak generasi muda untuk menciptakan inovasi di masa pandemi guna mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19. Khususnya dengan pemanfaatan teknologi digital. Hal tersebut disampaikannya pada acara Lustrum XII Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (21/11/2020). Pada kesempatan itu ITS juga mengadakan kompetisi startup pemula yang diikuti sekitar 300 peserta. Budi Karya menekankan, sebagai inovator muda, tentunya harus pandai melihat kesempatan dalam kondisi yang terhimpit saat ini. Menurut dia, kondisi di tengah tekanan pandemi menjadi peluang bagi banyak perusahaan untuk menawarkan solusi lewat digitalisasi. "Kondisi ini sebetulnya dapat menjadi peluang bagi perusahaan startup untuk menawarkan dan mengembangkan usaha yang mampu menyelesaikan persoalan tersebut melalui pemanfaatan teknologi digital," ujarnya dikutip dalam dalam keterangan tertulis, Minggu (22/11/2020).

Budi Karya menjelaskan, dengan jumlah penduduk yang banyak, dukungan jaringan internet yang mumpuni, serta banyaknya generasi usia milenial, maka menjadikan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan bisnis digital. "Potensi ini akan mendukung berkembanganya e-commerce dan pengembangan ekonomi digital. Pandemi yang memaksa orang untuk tetap beraktivitas di rumah akan membuat perusahaan digital meroket," katanya.

Pemerintah melalui program penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pun telah memberikan berbagai stimulus dan insentif untuk sektor usaha. Total senilai Rp 695,2 triliun dianggarkan pemerintah untuk membiayai kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha bagi UMKM, pembiayaan koorporasi serta sektoral dan pemerintah daerah (pemda).

Ia bilang, stimulus yang diberikan pemerintah tersebut harus dimanfaatkan para generasi muda untuk dapat menciptakan inovasi yang mendorong pemulihan Indonesia. "Adanya PEN dari pemerintah ini seyogyanya dapat digunakan juga sebagai kail yang bermakna untuk masyarakat," ujarnya, Kendati demikian, Budi Karya menekankan, tentunya tidak cukup jika hanya mengandalkan stimulus dari pemerintah, mendorong startup dapat bertahan dalam kondisi sesuai ini juga dibutuhkan sinergi dari pihak lain yaitu sinergi pentahelix antara pemerintah, pebisnis, universitas, media, dan masyarakat. Ia menambahkan, diperlukan pengembangan teknologi yang merata, tak hanyatekonsentrasi di Jawa, untuk mendorong kemajuan Indonesia. Oleh sebab itu, dia berharap ITS sebagai salah satu perguruan tinggi berbasis ilmu teknologi dapat menjadi pelopor dalam mendorong kemajuan di Indonesia Timur. "Kita harus memberikan kesempatan yang sama dengan kita yang ada di Pulau Jawa ini. Saya pikir dengan ITS memberikan sarana bagi inovator baru untuk memiliki paten usaha, siapa tahu dia menjadi konglomerat yang luar biasa atau menjadi guru besar dimana-mana di Indonesia Timur," pungkas Budi Karya.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

Kenapa Wallpaper Ponsel Gelap Sangat Direkomendasikan?? Bisa Menghemat Baterai!

Berkenalan Dengan Istilah Information Retrival Pada Pemrograman